Pernahkah anda
mengalami kesal saat sedang berkendara tiba-tida dikagetkan oleh bunyi
seperti suara ledakan dari knalpot? Ya, suara seperti ini memang
menjengkelkan, pasalnya, tak hanya suara ledakan yang cukup mengganggu
feel berkendara, namun suara tersebut biasanya diikuti dengan tarikan
motor yang juga cenderung tersendat-sendat. Ada beberapa cara untuk
mengatasi hal ini, sebelum anda membawa sang kuda besi ke "dokter" alias
bengkel langganan. 1. Langkah pertama anda bisa mengecek tuas cuk
(choke), dan pastikan bahwa cuk tersebut berada dalam posisi off atau
menutup. Sebab kondisi cuk membuka dapat menyebabkan pembakaran menjadi
tidak sempurna. Karena kondisi bensin mengalami percampuran sehingga
menyebabkan kondisi basah karena bensin pada busi. Dampaknya busi
menjadi tidak awet.
Bila anda lihat cuk telah tertutup
namun motor tetap tersendat. Bisa saja tuas menutup tetapi kabel tidak
sepenuhnya bergerak menutup cuk pada karburator. Kondisi demikian
umumnya disebabkan oleh kabel cuk yang berkarat sehingga tidak mampu
bergerak bebas mendorong cuk pada kaburator. Solusinya adalah anda harus
membuka urutan kabel cuk menuju karburator dan bersihkan karat dengan
menggunakan bensin. Lakukan perawatan ini secara berkala, setiap enam
bulan sekali.
2. Bila Sudah yakin dengan
langkah pertama, tetapi ledakan masih terjadi. Anda perlu mengecek
kondisi busi. Kondisi demikian juga bisa menjadi pertanda akan
berakhirnya usia pakai busi. Ini disebabkan karena elektroda busi sudah
terlalu basah atau mungkin juga karena banyaknya kerak pada kepala busi.
Bersihkan dan bila perlu ganti busi motor anda.
3. Kedua langkah diatas masih
tergolong ke dalam pengecekan ringan, artinya anda dapat melakukannya
sendiri. Tetapi bila masih terdengar suara ledakan pada knalpot dan
mesin masih terasa tersendat-sendat. Ada baiknya bawa motor anda ke
bengkel, mungkin tingkat lanjut penanganan yang dilakukan berupa
pengecekan karbuartor secara menyeluruh (servis).
Pengecekan ini dilakukan untuk
melakukan penyetelan (setting) pada karburator agar pembagian udara
dengan aliran bensin bisa seimbang. Sehingga suplai bensin untuk
pembakaran pun menjadi sesuai dengan kebutuhan. Sementara maraknya
teknologi vakum pada karburator motor dewasa ini, perlu diperhatikan.
Kinerja jarum skep mengandalkan
karet yang berasal dari kevakuman. Nah, bila karet vakum sudah mulai
aus, maka proses kevakuman menjadi tidak sempurna dan ini juga
disinyalir menjadi salah satu penyebabterjadinya ledakan pada suara
knalpot.
4. Bagian akhir yang musti anda
lakukan adalah memeriksa pasokan atau suplai udara bersih ke dalam ruang
bakar. Gejala demikian bisa terdeteksi ketika motor berakselerasi dan
gas ditutup penuh, pastinya menyebabkan putaran mesin menurun dan
timbulah suara ledakan. Solusinya, periksa sistem air secondary system
dengan seksama.
Selamat mencoba, semoga dari beberapa langkah diatas dapat memberikan pencerahan bagi anda.
0 komentar:
Posting Komentar