Ball Joint merupakan poros antara roda dan suspensi mobil.
Ball Joint memegang peran penting dalam kemudi mobil dan suspensi yang
aman. Jika terjadi masalah pada Ball Joint, secepat mungkin diatasi
dengan memperbaikinya atau manggantinya.
"Sealed" Ball Joint tidak
memerlukan pelumasan tetapi ball joint standar harus dilumasi dari waktu
ke waktu. Pemeriksaan ball joint standar minimal dilakukan setahun
sekali. Meskipun tidak ada usia yang tepat, ball joint bisa rusak saat
mencapai 80.000 mil.
1. Karet penutup sobek, sehingga
kotoran bisa masuk.
2. Muncul
suara ketika roda berbalik dan akhirnya berubah menjadi bunyi berderit
pada saat berhenti.
3. Ketika
melewati gundukan., ada suara 'gedebuk'. Suara-suara tersebut datang
dari suspensi depan ketika terjadi atas gundukan.
Ball Joint RusakJika ball joint
rusak, hasilnya dapat berbahaya karena sudut roda akan menjadi tak
terbatas, menyebabkan hilangnya kontrol kemudi. Karena ban akan
mencapai sudut yang tidak diinginkan, maka akan merusak ban. Selain itu
dapat erusak bagian-bagian lain dari kendaraan.
Jika ball joint rusak, dilakukan
spooring pun hasilnya tidak akan bagus. Mekanik spooring pasti tidak
akan melakukan spooring jika ball joint mengalami kerusakan.
0 komentar:
Posting Komentar